1.
Package com.alvianno.tugas; <<judul projek
import
android.os.Bundle; << memanggil library android os bundle
import
android.app.Activity; << memanggil library android app activity
import android.view.Menu;
<< memanggil library android view view menu
import android.view.View;
<< memanggil library android view view
import
android.widget.Button; << memanggil library widget berbentuk
button
import
android.widget.EditText; << memanggil library widget berbentuk edit
text
import
android.widget.TextView; << memanggil android widhet berbentuk
textview
public class HasilHitung extends Activity{ <<
activity yang diwarisi dari public class tsb/judul program
@Override << override
adalah child menggantikan isi dari fungsi
public void
onCreate(Bundle savedInstanceState) { << dapat diakses pada kelas
sendiri dan pada subkelasnya di bundle
super.onCreate(savedInstanceState);
<< dapat diakses pada kelas pada subkelasnya
setContentView(R.layout.activity_hasil_hitung);<< layout
akan ditampilkan pada aplikasi dengan parameter yang terdapat pada file activity_hasil_hitung.xml
//Code proses
hitung hasil persegi panjang dimulai dari
sini
final EditText
edtAngkapertama =(EditText)
findViewById(R.id.edtAngkapertama); << memanggil
library angka pertama
final EditText
edtAngkakedua = (EditText) findViewById(R.id.edtAngkakedua); << memanggil
library angka kedua
final Button btnHitung =
(Button) findViewById(R.id.btnHitung); << memanggil library button
final TextView txtHasil = (TextView) findViewById(R.id.txtHasil); << memanggil
library hasil
btnHitung.setOnClickListener(new
View.OnClickListener() { memberikan action click pada button
@Override
public void onClick(View arg0) {
<< metode onclick
// TODO Auto-generated
method stub
int valAngkapertama=
Integer.parseInt(edtAngkapertama.getText().toString());
<< int = bil.bulat pada angka pertama
int valAngkakedua=
Integer.parseInt(edtAngkakedua.getText().toString());<<
int = bil.bulat pada angka kedua
int
hasil=valAngkapertama+valAngkakedua; << int = bil.bulat hasil penjumlahan
txtHasil.setText("Hasil :
"+hasil);
<< output penjumlahan
}
});
//Code proses
hitung hasil persegi panjang berakhir sini
}
@Override
<< method yang dimiliki oleh parent
public boolean
onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
getMenuInflater().inflate(R.menu.hasil_hitung, menu);
return true; << kata
kunci return di gunakan mengembalikan nilai dari fungsi yang bersangkutan.
mengenai return true,return false,return 0 itu tergantung tipe data yg
digunakan fungsi tersebut,
}
}
2.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <<
jenis atau versi android layout
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:id="@+id/LinearLayout1" << jenis layout
android:layout_width="match_parent" <<menyesuaikan lebar layout
android:layout_height="match_parent" <<menyesuaikan panjang layout
android:orientation="vertical" > <<menyesuaikan layout dari atas kebawah
<TextView << pendeklarasian elemen textview pada
Interface
android:id="@+id/txtAngkapertama" <<deklarasi teks angka pertama
android:layout_width="wrap_content" << lebar dari komponen Widget tersebut
akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:layout_height="wrap_content" << tinggi dari komponen Widget tersebut
akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:text="@string/txtAngkapertama" <<typedata string
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
/>
<EditText
android:id="@+id/edtAngkapertama" <<deklarasi edit teks angka pertama
android:layout_width="match_parent" lebar dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor Device
Mobile
android:layout_height="wrap_content" tinggi dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor
Device Mobile
android:inputType="numberDecimal" > <<typedata
desimal
<requestFocus />
</EditText>
<TextView << pendeklarasian elemen textview pada
Interface
android:id="@+id/txtAngkakedua" <<deklarasi teks angka kedua
android:layout_width="wrap_content"<<menyesuaikan lebar layout
android:layout_height="wrap_content"<<menyesuaikan panjang layout
android:text="@string/txtAngkakedua"<<typedata string
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
/>
<EditText
android:id="@+id/edtAngkakedua" <<deklarasi edit teks angka kedua
android:layout_width="match_parent"
<< lebar dari komponen Widget tersebut
akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:layout_height="wrap_content"
<< tinggi dari komponen Widget tersebut
akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:inputType="numberDecimal" /> << typedata desimal
<Button <<pendeklarasian
button
android:id="@+id/btnHitung"
<< deklarasi button
android:layout_width="wrap_content"<<
lebar
dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:layout_height="wrap_content"<< tinggi dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:text="@string/btnHitung" /> <<typedata btn berjenis string
<TextView << pendeklarasian elemen textview pada
Interface
android:id="@+id/txtHasil"
<<deklarasi hasil
android:layout_width="wrap_content"<<
lebar
dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:layout_height="wrap_content"<<
tinggi
dari komponen Widget tersebut akan memenuhi layar monitor Device Mobile
android:text="@string/txtHasil"
<<typedata hasil berjenis string
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge" />
</LinearLayout> <<
penutup dari linerlayout
KALO KURANG JELAS DOWNLOAD AJA FILE NYA DISINI
MASING PUSING JUGA??? JANGAN BEGO KAWAN,,,NIH W KASIH PROJECK NYA
DOWNLOAD DULU DISINI
TARO DI (CONTOH : C:\Users\vino\workspace)
|
Ilmu Komputer 95
|