;

Kamis, 08 Januari 2015

—Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS)

Kamis, 08 Januari 2015




—Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.
Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.
location-based service (LBS) adalah pengembangan sistem informasi geografis yang dapat diakses oleh perangkat mobile melalui jaringan selular. Hal ini didorong oleh kemampuan sistem untuk mendeteksi posisi geografis dari perangkat mobile…
Gambar 1. Aplikasi LBS pada Android
—Location Base Service digunakan dalam berbagai situasi, seperti
  1. komersial,
  2. hiburan,
  3. darurat,
  4. kesehatan,
  5. pekerjaan,
  6. life style, dll
contoh kegunaan dari aplikasi LBS tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Pencarian lokasi bank/ATM terdekat, tempat ibadah restoran, pompa bensin, hotel, lapangan golf, rumah sakit, kantor polisi, lokasi wisata, dll
  2. —Memberikan informasi transportasi tentang cara untuk pergi dari ‘sini’ ke ‘sana’.Jaringan sosial digunakan untuk menemukan tempat, teman-teman dan anggota keluarga.
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita membangun LBS pada Android:
  1. Android SDK harus sudah terinstall Google APIs by Google Inc
  2. Untuk memanfaat kan fitur Google Map ini, kita memerlukan Map API Key, tanpa Map API Key kita tidak akan dapat menampilkan Map pada  Android.
  3. Copykan file debug.keystore ke directory c:\android (biasanya debug.keystore berada di direktori C:\Users\User\.android (untuk windows 7))
  4. Kita buat MD5 FingerPrint dengan menggunakan commandkeytool.exe yang ada pada java SDK, biasanya terletak di “C:\Program Files\Java\<JDK_version_number>\bin”
  5. Dari command promt masuk kedirectory tesebut lalu jalankan ketikkan “keytool.exe -list -alias androiddebugkey -keystore “C:\android\debug.keystore” -storepass android -keypass android”
Gambar 2. Mendapatkan fingerprint MD5
Setelah mendapatkan MD5 FingerPrint ini lalu silahkan buka buka browser masuk ke situs mbah google “http://code.google.com/android/maps-api-signup.html” lalu ikuti petunjuk yang ada. Sebelumnya kita juga harus punya account google untuk mendapatkan API Key
Gambar 3. Registrasi mendapatkan google API Key
Gambar 4. Google API Key
Setelah Key Google Map didapatkan. Simpanlah key ini. semua persiapan telah selesai, silahkan simak video berikut untuk pembuatan aplikasi Google Map. Berikut adalah video tutorial yang saya dapatkan dari youtube tentang cara membangun LBS pada Android ini.
Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari pembuatan LBS pada android ini.
Berikut adalah aplikasi LBS
Description: —Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) Rating: 4.5 Reviewer: Alvianno Wijaya - ItemReviewed: —Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS)

Silahkan Baca Artikel Lain yang tidak Kalah menariknya.

Ilmu Komputer 95 - 06.44
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar