;

Senin, 10 November 2014

KONTROL LAMPU DENGAN ANDROID ARDUINO VIA SMS

Senin, 10 November 2014

KONTROL LAMPU DENGAN ANDROID ARDUINO VIA SMS

Sekarang saya mau sharing nih, pengalaman Otak atik arduino. Pengenya buat pengontrol rumah secara otomatis, misal untuk menyalakan lampu, menyalakan pompa air, memonitoring keadaan, kunci otomatis atau alarm dan lain – lain. Tapi untuk hal itu saya harus beli GSM Module sebagai media komunikasi data via sms, tapi karena Harganya yang cukup dan sangat Luar biasa Mahal, saya urungkan beli module ini, akhirnya saya coba pakai Aplikasi di android yang bernama  BTinterface.
SC20140715-205504
Cara kerja aplikasi ini sederhana, yaitu mengirim data yang masuk melalui sms kemudian di kirim ke arduino melalui module blutooth, nah data ini yang dapat kita olah untuk menjalankan perintah misal menyalakan lampu, menyalakan pompa air dan lain – lain.
SC20140715-205529
Nah untuk itu kita siapkan saja alat serta perlengkapanya,
– Ponsel android yang sudah di instal BTinterface
– module arduino (uno, nano, mini pro) atau yang lainya.
– module bluetooth, saya pakai HC-05.
– Komputer tentunya.
silahkan seting BTinterfacenya dan baca panduanya, sendiri di webnya ya hehehehehe… untuk yang lain sperti konfigurasi bluetooth dan arduino, saya yakin temen temen sudah sangat mahir.
sms bluetooth
ini nih kode sederhananya,

#include
char ledOn = ‘ledNyala';
char ledOff = ‘ledMati';
void setup()
{
pinMode(13,OUTPUT);
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
if (Serial.available()){
char perintah= Serial.read();
//menyalakan lampu pin 13
if(perintah==ledOn){
digitalWrite(13,HIGH);}
//mematikan lampu pin 13
if(perintah==ledOff){
digitalWrite(13,LOW);}
//tampilan ke serial monitor
Serial.print(perintah);
}
}
seperti text program di atas, saya memakai comand  ‘ledOn’ untuk menyalakan led pada pin 13 arduino, dan comand ‘ledOff’ untuk mematikanya. dan seperti ini hasilnya.
sebelum ada kode sms.
2014-07-15 20.40.50
setelah ada perintah dari sms.
2014-07-15 20.41.48
Description: KONTROL LAMPU DENGAN ANDROID ARDUINO VIA SMS Rating: 4.5 Reviewer: Alvianno Wijaya - ItemReviewed: KONTROL LAMPU DENGAN ANDROID ARDUINO VIA SMS

Silahkan Baca Artikel Lain yang tidak Kalah menariknya.

Ilmu Komputer 95 - 07.31
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar